Internet Governance Forum 8 – Indonesia

 Berita, Event

IGF-2013-Bali-Indonesia

Bali menjadi tuan rumah penyelenggaran event akbar tahunan yang membahas tata kelola internet. Event akbar itu bertajuk Internet Governance Forum 8. Event ini diadakan setiap tahun dan tuan rumah penyelenggara selalu berbeda setiap tahunnya. Tahun lalu, event ini diadakan di kota Baku, Azerbaijan. Nairobi dan Vilnius menjadi tuan rumah 2011 dan 2010.

Event yang ditangani langsung oleh PBB ini sempat diberitakan batal diadakan di Indonesia karena pemerintah tidak bisa mendanai event sekaliber IGF. Namun, di detik-detik terakhir perundingan, akhirnya pemerintah mau mendanai acara yang bisa dikatakan olimpiadenya internet di dunia ini.

Bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center, acara ini akan berlangsung selama 5 hari terdiri dari 1 hari pre event dan 4 hari acara inti. Akan ada lebih dari 130 sesi dalam acara yang bertemakan: “Building Bridges: Enhancing Multi-stakeholder Cooperation for Growth and Suistanable Development”. Acara ini akan dihadiri oleh seluruh kalangan dari berbagai belahan dunia dan dari pelbagai sektor. Mulai dari pemerintah, stakeholder, media, komunitas, hingga masyarakat sipil. Hebatnya lagi, semua acara gratis tetapi harus mendaftar lebih dahulu di website http://www.intgovforum.org

Plat-M mengirimkan perwakilan delegasinya. Klebun berangkat bersama rombongan komunitas TIK Cerdas menuju Bali dengan menggunakan jalur darat dan akan berada di Bali selama 5 hari.

Semoga acara ini dapat memberikan dampak luar biasa terkait segala aspek yang akan dibahas di IGF edisi yang ke-8 ini mulai dari tata kelola, infrastruktur, hak asasi manusia, kebebesan berekspresi, pengembangan internet berbasis masyarakat hingga keamanan berinternet. Sangat menarik kita tunggu bagaimana dampat pertemuan pegiat internet dari seluruh dunia ini untuk negara Indonesia.

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.