Ini Dia, Daftar Makanan Nikmat yang Ada di Kota Sampang

 Kuliner, Madura, Sampang, Wisata

Ketika mendengar kata makanan khas Madura, mungkin pikiran Anda akan merujuk pada sate. Kuliner dengan penjualnya yang hampir selalu diilustrasikan mengenakan kaos merah putih. Padahal, jika hendak ditelisik lebih dalam lagi makanan khas dan enak dari Madura tak hanya sate. Bahkan setiap Kabupaten pun punya. Salah satunya ialah Kabupaten Sampang.

Berikut adalah 6 makanan Sampang yang tidak hanya enak, murah, tapi juga terbuat dari resep lintas generasi.

1. Bebek Songkem

Tak mau kalah dengan Bangkalan yang punya Bebek Sinjay, Sampang juga punya olahan bebek khas yaitu Bebek Songkem. Nama ini tercetus dari cara pembuatannya, yakni dengan membalut daging bebek menggunakan daun pisang beserta rempah-rempah, kemudian dikukus selama 4 jam. Metode ini dipercaya dapat menghilangkan aroma amis daging bebek, sekaligus mengurangi kandungan kolesterolnya. Jadi tak perlu khawatir lagi kolesterol naik karena makan bebek.

Anda bisa langsung datang ke Jalan Trunojoyo, Sampang, untuk merasakan nikmatnya Bebek Songkem ini. Jangan khawatir dengan harga, karena Bebek Songkem dijamin tidak akan membuat kantong Anda kering.

2. Lontong Lodeh

Lontong Lodeh merupakan kuliner perpaduan antara sayur lodeh dan lontong. Sayurnya sendiri terdiri dari terong ungu, kacang panjang, dan daun melinjo. Untuk kuahnya terbuat dari rempah-rempah khas Madura yang sudah dicampur dengan santan. Menghasilkan cita rasa kuahnya gurih dan membuat siapapun tidak sabar untuk menyantapnya.

Kuliner satu ini sangat mudah ditemui di Sampang. Jadi tidak perlu khawatir kebingungan untuk menyantap makanan khas yang satu ini. Harga kaki lima, tetapi rasa bintang lima.

3. Dhun Adhun

Anda belum sah dinyatakan berkunjung ke Sampang jika belum menyantap makanan ini. Komposisi Dhun Adhun biasanya terdiri dari lontong, kuah kental, dan tepung beras. Bahan-bahan tersebut lalu dicampur dengan santan. Kemudian sitambah dengan bumbu khas terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah-putih, kunyit, daun jeruk nipis, gula, dan garam. Cita rasanya semakin nendang ketika ditaburkan dengan serundeng dari bahan dasar jagung dan sambal terasi. Waktu yang terbaik untuk menyantap masakan khas ini adalah di pagi hari, untuk sarapan.

Tempat untuk menyantap makanan ini banyak dijumpai di setiap sudut Kota Sampang, mulai dari jam 5 pagi. Rekomendasi tempatnya bisa Anda temukan di jalan Ternate, Kota Sampang. Lagi-lagi harga bukan menjadi perdebatan untuk menyantap makanan khas yang satu ini.

4. Cager Telur

Cager Telur merupakan salah satu makanan khas Sampang yang sudah tidak diragukan diragukan lagi soal rasa. Tak hanya bisa menikmati makanannya, Anda juga bisa belajar cara membuatnya. Komposisi Cager Telur antara lain terdiri dari telur ayam, cabe merah, daun jeruk, air, kubis, garam, gula, cuka masak dan bawang. Untuk bumbu halusnya, silahkan Anda haluskan bawang merah dan putih, kemiri goreng, kunyit, dan lengkuas.

Langkah pertama, rebus telur, kupas, dan goreng hingga berkulit. Bumbu yang sudah dihaluskan tadi silahkan Anda tumis dan tambah dengan air. Masukkan kol, cabe, dan telur. Lalu, aduk hingga merata. Masukkan juga bumbu-bumbu lainnya, seperti garam, gula, dan cuka masak secukupnya.

5. Nasi Kobel

Nasi Kobel merupakan kependekan dari “Korang Abhelih”. Artinya, “Kalau Kurang, silahkan Kembali”. Makanan dengan nama menantang ini merupakan kuliner khas pesisir Sampang. Komposisinya ialah nasi, ikan laut, dan buje cabbih. Buje cabbih sendiri, merupakan sambal khas Madura yang terbuat dari ulekan garam dan cabai tanpa air sama sekali. Paduan nikmat tersebut kemudian ditaburi olahan serundeng parutan kelapa yang telah dipanggang di atas cobek.

Salah satu warung yang menyediakan menu ini ialah warung Asoka. Letaknya berada di pesisir pantai sebelum masuk Kota Sampang.

6. Pisang Gechok

Salah satu komoditas utama dari Sampang ialah buah pisang. Perlu dipertanyakan bila Sampang tidak punya olahan makanan khas dari buah pisang. Salah satu dan yang paling menjadi sorotan ialah Pisang Gechok. Rasanya manis dan nikmat dengan aroma khas pisang dari camilan ini bisa bikin nagih. Apalagi bila dinikmati bersama minuman dingin. Harganya pun dijamin bersahabat. Anda bisa temukan makanan khas ini di berbagai spot oleh-oleh di Sampang.

Bagaimana? Sudah berapa list makanan yang sudah membuat perut anda bergejolak? Tidak usah buru-buru. Makanan-makanan di atas tidak akan punah dari Kota Sampang. Tinggal bikin rencana buat liburan ke Sampang!

Penulis : Rehan Firdaus (rehanfird.com)

Anam Nasrudin Choirul

Author: 

Seorang mahasiswa yang suka ngeblog

Related Posts

Leave a Reply