Ide untuk Suramadu

 Ide Masa Depan, Madura

01-4-2016 - plat-m.com - Ide untuk Suramadu

 

Sudah kurang lebih enam tahun Jembatan Suramadu berdiri kokoh. Jembatan yang menyatukan Kota Surabaya dengan Pulau Madura, pulau yang penuh akan keindahan wisata dan budaya. Jembatan Suramadu sangat berpotensi untuk mengenalkan Madura pada dunia. Karena dengan Jembatan Suramadu, orang akan sangat mudah untuk berkunjung ke Pulau Madura.

Pulau Madura itu harus dieksplor dan dipromosikan, bisa dengan cara membuat slogan yang mudah diingat oleh masyarakat. Madura juga nggak kalah keren dengan daerah lain dalam urusan pariwisata, kuliner, batik, dan kebudayaan. Pantai-pantainya pun tersebar dari ujung barat, timur, utara, dan selatan Pulau Madura.

Madura itu indah, Madura itu keren. Seindah dan sekeren Jembatan Suramadu. Namun, saat ini keindahan Jembatan Suramadu berkurang, lampu yang biasanya berwarna-warni di menara kembar jembatan kini sering padam. Padahal, itulah salah satu sisi keindahan dari Jembatan Suramadu pada saat malam hari.

Taman yang ada di sisi jembatan, terutama di sisi Surabaya kini sudah dapat dinikmati anak-anak bermain disertai para orang tua yang menemani.

Meskipun sekarang sudah tersedia Mushola kecil, tetapi adanya masjid di pintu keluar Tol Suramadu sisi Madura juga sangat perlu, jadi para pengendara tidak akan bingung mencari tempat beribadah ataupun sebagai tempat istirahat jika sudah memasuki wilayah Madura dan sebaliknya.

Adanya tempat wisata menggunakan perahu seperti di Jembatan Ampera merupakan konsep wisata yang perlu dikembangkan di Suramadu. Mengingat jembatan Suramadu juga tak kalah menterengnya jika dibandingkan jembatan-jembatan yang ada di Asia. Pastinya akan banyak wisatawan yang ingin menikmati kerlap-kerlip lampu yang menawan dari Jembatan Suramadu. Tentu diperlukan berbagai fasilitas tambahan di kedua sisinya.

Ketersedian hotel atau penginapan juga sangat penting, karena jika sudah terencana dengan matang, Jembatan Suramadu akan menjadi tempat wisata terkenal dan para wisatawan membutuhkan penginapan untuk bermalam. Apalagi jika kamar hotel tersebut menghadirkan fasilitas kamar yang langsung berhadapan dengan Jembatan Suramadu.

Selain itu, adanya blog sebagai media promosi adalah penting, pun dukungan pemerintah daerah setempat dengan penambahan infrastuktur agar lengkap pastinya juga akan membawa Madura ke kancah internasional. So, mulai sekarang yuk kita bangun Suramadu bersama, agar Madura juga bisa dikenal dimana-mana karena keindahan yang dimilikinya.

Penulis: Dwi Puspita (Surabaya)

Editor: Tim Board Plat-M

Anam Nasrudin Choirul

Author: 

Seorang mahasiswa yang suka ngeblog

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.