HUT Ke-3: Mulai Taman Bunga, Sampai Pantai Lombang

 Event, Len-Jelen Bareng, Madura, Ngompol Bareng, OTEMA

catatan keyboard hut plat-m ke-3

Setiap tanggal 23 Desember adalah hari spesial bagi Nak-kanak Blogger Plat-M. Adalah hari lahir komunitas ini sejak didirikan 2009 yang lalu di kampus Universitas Trunojoyo Madura. Waktu itu diresmikan langsung oleh Pembantu Rektor II universitas negeri di Madura itu. Diresmikan di kampus, bukan berarti Plat-M menjadi komunitas kampus. Plat-M berusaha bertransformasi menjadi komunitas blogger bagi masyarakat Madura mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan hingga Sumenep.

Hal ini juga yang melatarbelakangi Plat-M untuk mengadakan peringatan hari ulang tahun di kabupaten ujung timur Madura. Sumenep menjadi tempat yang spesial memang. Selain banyak objek wisata, Sumenep sering disebut-sebut sebagai “Solonya Madura”. Tema HUT Plat-M ke-3 ini adalah “toron tana” yang berarti down to earth dalam bahasa Madura. Toron tana diartikan untuk lebih memperkenalkan Plat-M di tanah kelahirannya.

Diawali dengan kegiatan workshop Bisnis Madura Go Online di BLC Sumenep sehari sebelumnya, HUT Plat-M diawali dengan OTEMA -Obrolan Tentang Madura- di Taman Bunga. OTEMA kali ini bertemakan ‘keindahan Madura’ dengan pembicara penyair kebanggaan Madura, M. Faizi.

Penyair yang pernah membaca puisi di Berlin, Jerman ini datang ke TB -singkatan taman bunga-?dengan disambut 35 orang yang sudah berkumpul. Dengan konsep outdoor?di bawah hijaunya pohon TB, OTEMA berlangsung menarik dan interaktif. M. Faizi menjelaskan beberapa hal tentang Madura. Tidak hanya keindahan Madura, tetapi sesekali, Kyai selalu tampil dengan kopyah hitamnya ini bercerita saat dirinya ke Berlin untuk membaca puisi.

Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari OTEMA spesial hari ulang tahun ini. Salah satunya adalah keramahan orang Madura merupakan wisata yang lebih menarik di Madura dari pada wisata alam Madura. M. Faizi juga menyerukan agar kita selalu tampil berbeda (think differrent!) seperti yang sudah kita pelajari saat kita bermain di masa kanak-kanak dahulu. Dalam permainan anak-anak Madura, ada yang menyanyikan “sapa se laen dheddhi!” -siapa yang lain jadi-

Lalu, setelah belajar banyak hal dari M. Faizi. Peserta yang hadir dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep ini berjalan kaki menuju kawasan musium Sumenep. Kami bersama-sama masuk dalam masa lalu kota Sumenep dengan melihat-lihat peninggalan Sumenep yang masih tersimpan utuh di musium hingga keraton. Beberapa teman blogger tidak lupa memotret benda-benda bersejarah itu untuk kemudian di posting di blog masing-masing. Sebuah langkah kecil untuk bersama menduniakan Madura!

Di kawasan ini juga kita menemukan “artis Sumenep” yang sempat terkenal di kawasan Sumenep dan Pamekasan. Bahkan videonya juga ada di Youtube. Lagu Aoleng yang dinyanyikannya begitu mempesona masyarakat Madura. Sampai kata Aoleng bisa kita jumpai di mana-mana tidak terkecuali di belakang kotak kayu truk, atau sekadar tercat di tembok-tembok.

Kemudian kemi melanjutkan perjalanan ke Asta Tinggi. Kegiatan kami disana, selain mendengarkan juru kunci bercerita tentang sejarah semua raja-raja Sumenep yang dimakamkan di area ini, juga berziarah ke tempat yang mengandung sejarah tinggi ini.

Hujan turun begitu selesai kami berziarah. Rintikan hujan semakin memberikan kemesraan di hari jadi kami yang ke-3 ini. Perjalanan kami lanjutkan ke pantai Lombang untuk merayakan prosesi utama: merayakan hari ulang tahun!

Kue ulang tahun berwarna putih sudah siap. Lilin berbentuk angka tiga juga sudah siap. Sebelumnya Klebun memberikan kejutan dengan launchingnya buku Plat-M yang berjudul Catatan Keyboard, juga beberapa anggota memberikan masukan dan harapannya (make a wish) untuk Plat-M ke depannya. Lalu, prosesi utama acara adalah saat pemotongan kue ulang tahun yang diawali oleh Klebun. Potongan pertama diberikan kepada Bendahara yang begitu setia kepada Plat-M, Thoyik.

Acara peringatan hari ulang tahun Plat-M diakhiri dengan sesi foto bersama dan kemudian berenang ke laut yang begitu indah di pantai Lombang. Cuacanya begitu mendukung. Matahari seolah juga memberikan kado istimewa untuk hari jadi Plat-M dengan menyinari pantai Lombang sehingga prosesi hari ulang tahun bisa berjalan normal dan sempurna karena tidak turun hujan. Selamat ulang tahun! semoga bisa menjadi lebih (semuanya) di kemudian hari.

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

2 Responses

  1. rotyyu22/01/2013 at 15:10Reply

    Tapi sejujurnya saja saya tidak suka dengan sistem komentar yang baru di blog ini. Ga bisa meninggalkan jejak, jadi ga semangat utk komen 🙁

  2. Ahmad Faza26/12/2012 at 08:15Reply

    entah kenapa kalau yang nulis si klebun itu kayak gimana gtu yah
    selamat ulang tahun plat-m yang ke 3
    ingat visi dan misi
    semoga sukses menduniakan madura

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.