#FestTIK: Mulai dari Onno W Purbo sampai Giring Nidji

 Berita, Event

Jadwal acara #FestTIK

Pasukan Plat-M di #FestTIK, Bandung

Bandung (28-29 April 2012), Bertempat di Politeknik Telkom Bandung event Festival “Wilujeng Surfing” diadakan. Komunitas dari berbagai daerah, Relawan TIK dari penjuru nusantara, pejabat Kominfo, dan mahasiswa PoliteknikTelkom berkumpul menjadi satu dalam acara yang diadakan dua hari tersebut.

Plat-M bersama komunitas blogger Surabaya, Tuban, Bojonegoro, Malang, dan Lamongan berangkat dari Surabaya menggunakan bis “sapu jagat”. dinamakan “sapu jagat” karena nanti sepanjang perjalanan dari Surabaya menuju Bandung akan “menyapu” komunitas blogger yang ada di daerah yang dilewati untuk berangkat bersama menuju kotanya Persib. Sepanjang perjalanan, sudah menunggu blogger Ponorogo, Solo, Yogyakarta, dan Purwokerto. Semua menjadi satu bis berangkat ke Bandung.

Setelah menempuh perjalanan 27 jam, akhirnya rombongan bis “sapu jagat” sampai di kawasan Politeknik Telkom Bandung. Suasana sejuk khas Bandung terhidang sesampainya di penginapan yang sudah dipersiapkan panitia.

Selain pembukaan di Auditorium, acara di hari pertama menyajikan dua seminar dan tiga workshop di kelas-kelas. Pembukaan disajikan sangat menarik komunitas blogger menyatu dengan pejabat dan undangan yang memakai batik di Auditorium, beberapa tarian khas Jawa Barat memberikan warna tersendiri dalam acara pembukaan ini. Penampilan paduan suara yang memukau juga memompa semangat nasionalisme peserta yang hadir di pembukaan “Wilujeng Surfing” ini.

Festival TIK untuk rakyat dengan tema bersama membangung masyarakat informasi Indonesia ini dilanjutkan dengan seminar dan workshop hari pertama. Seminar Teknologi Telekomunikasi Terbuka oleh Pak Onno W Purbo menjadi perhatian peserta. Terbukti dengan penuhnya ruangan Auditorium tempat diselenggarakan seminar tentang OpenBTS itu. Di ruangan yang lain tidak kalah menarik. Sebelumnya di Auditorium ada Seminar Perkembangan TIK dan Dampaknya bagi Masyarakat. Di ruangan yang lain ada Pelatihan ICT untuk Guru, Penggunaan Software Processing, Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui TIK, Trend dan peluang game developer, Pemanfaatan TIK untuk pendidikan, Hosting dan Domain Indonesia, Akademi Berbagi dan Munas Relawan TIK.

Di hari kedua, peserta dihadapkan dengan pilihan 20 seminar/worskhop yang semuanya menarik hanya dalam tiga sesi. Berbagai pengetahuan tentang regulasi online, sosial media, pemberdayaan masyarakat, sampai tentang opensource tersaji di hari kedua Festival TIK ini. Sesi pertama, hampir seluruh peserta tertuju di Auditorium. Meski di beberapa kelas tidak kalah menarik, tetapi kehadiran artis ibukota seperti Giring Nidji, Yovie Widianto dan Sam Bimbo membuat ruangan ramai persis seperti ketika mereka konser di depan panggung. Namun kali ini mereka tidak menyanyi tetapi menjadi narasumber dalam seminar sosialisasi insan & stop upload & download ilegal music.

Ketiga artis itu menyuarakan agar blogger membantu untuk menghentikan upload dan download musik ilegal. Karena menurut Giring, aktivitas ini sangat merugikan musisi. Dengan gaya yang memukau Giring presentasi lengkap dengan powerpoint yang dibuatnya, Giring memukai peserta yang hadir di Auditorium. Peserta mungkin baru kali ini melihat penyanyi menjadi narasumber di sebuah seminar.

Sesi kedua, sebenarnya ada 1 seminar dan 7 workshop. Tapi nak-kanak Plat-M tidak beranjak di ruang Auditorium. Karena setelah istirahat makan siang, Pak Nukman Luthfi, Pak Joddy Hernady (EGM Divisi Multimedia PT. Telekomunikasi Indonesia) Pakdhe Blontank Poer dan Bob Merdeka (Ma’icih) bersamaan menjadi narasumber dalam seminar peran internet dalam mendukung kewirausahaan. Pesan penting dalam seminar ini adalah “internet merupakan sebuah media yang bagus untuk menjadikan peluang berwirausaha.” Di ruang kelas ada workshop Sakatelematika, TIK dan perempuan, Fotografi: bercerita melalui gambar, Jualan di Kaskus, Diksusi film Lini Mas(s)a, dan TIK dan pemberantasan korupsi di Indonesia.
Sesi tiga di hari kedua sekaligus sesi terakhir dalam acara ini menyajikan 5 workshop diantaranya IT Preneur, Pengembangan aplikasi android, Aplikasi animasi berbasis opensource, Pengembangan aplikasi android, Membangun radio online dan Video blogging.

Secara khusus, Plat-M mengucapkan terimakasih lewat postingan ini kepada panitia RelawanTIK yang sudah mengundang komunitas blogger daerah. Semoga silahturahmi ini bisa berlanjut, terimakasih telah berbagi ilmu. Acara yang sangat bagus dan inspiratif.

Foto lengkap bisa dilihat di sini

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

8 Responses

  1. tenggeng00703/05/2012 at 18:36Reply

    foto pas mas giring presentasi gag ada mas ?

  2. elvira15703/05/2012 at 14:41Reply

    nggak bisa foto bareng Giring Nidji :(.

  3. elvira15703/05/2012 at 14:40Reply

    nggak bisa foto bareng sama giring nidji :(.

  4. qween03/05/2012 at 08:58Reply

    keren… ^^
    kapan yah bisa ikut acara beginian.. :P.

  5. Nich02/05/2012 at 19:43Reply

    Waa.. seluruh masyarakat Indonesia emang (menurut saya) patut mendapat edukasi TIK. Supaya gak melulu menempuh cara konvensional 😀

    *salut*

  6. Nich02/05/2012 at 19:42Reply

    Waa.. seluruh masyarakat Indonesia emang (menurut saya) patut mendapat edukasi TIK. Supaya gak melulu menempuh cara konvensional 😀

    *salut*.

  7. MT02/05/2012 at 12:57Reply

    reportase yg lengkap dan membuat ingatan kembali ke Bandung.
    duh, 27 jam adalah perjalanan yg luar biasa demi menimba ilmu dan mengeratkan persahabatan kita.

    senang bisa ngumpul bareng kalian.

    jabat erat!.

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.