Bukit Pelalangan, Lokasi Prewed Tersembunyi di Arosbaya

 Bangkalan, Wisata
bukit pelalangan arosbaya bangkalan

Ornamen mengagumkan

Bukit Pelalangan yang terletak di desa Bherbâllu’ kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan – Madura (Lebih rinci lagi, bukit Pelalangan ini letaknya pas di sebelah timur Aer mata Èbu.) merupakan tambang batu bata – batu yang digunakan untuk dinding dan pondasi rumah sejak jaman dahulu.

Pada pertengahan bulan Pebruari 2015, ada salah satu obyek wisata di kabupaten Bangkalan yang mulai booming!. Warga yang bekerja di sana menyebutnya sebagai “Bukit Pelalangan”. Mungkin Anda semua akan bertanya-tanya, memang warganya bekerja sebagai apa? Ada apa di sana? Dan akan banyak pertanyaan lainnya.

Bukit Pelalangan yang terletak di desa Bherbâllu’ kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan – Madura (Lebih rinci lagi, bukit Pelalangan ini letaknya pas di sebelah timur Aer mata Èbu.) merupakan tambang batu bata – batu yang digunakan untuk dinding dan pondasi rumah sejak jaman dahulu. Dikarenakan tidak ada penjelasan yang lebih akurat lagi dari penambang batu yang ada di sana.

“Iya mas, bukit ini sudah sejak dulu dari jaman kakek nenek saya yang digunakan sebagai tempat untuk pembuatan batu bata” ujar salah seorang penambang batu.

pemahat batu bukit pelalangan bangkalan madura

Pemahat Batu Bata

pahatan alami bukit pelalangan arosbaya bangkalan

Pahatan Alami

batu bukit pelalangan arosbaya bangkalan

‘Instagramable’

Biasanya para penambang batu bata sangat jarang bekerja kelompokan, biasanya mereka bekerja sendiri-sendiri di titik tertentu. Namun ada juga yang bekerja bersama-sama, yang seperti ini kadang satu keluarga. Para pekerja mendapatkan penghasilan atau upah dari setiap batu bata yang mereka hasilkan, satu batu bata harganya bisa lima ribu rupiah hingga lebih. Ukuran sedang harganya lebih mahal, dan untuk yang paling mahal adalah batu bata dengan ukuran yang besar.

Para pekerja atau biasa disebut penambang batu tidak akan menjual hasil batu batanya sendiri, mereka hanya bertugas untuk menambang batu sesuai dengan ukuran yang diminta oleh si pembeli. Terdapat pekerja lain yang tugasnya mengangkut hasil batu bata yang dihasilkan oleh penambang dengan menggunakan mobil pikep.

Bukit Pelalangan menjadi sangat istimewa, karena tempat ini penuh dengan spot foto. Tebingnya yang tinggi, lebar, dan memiliki tekstur akibat proses penambangan membuat dinding-dinding bukit memiliki motif yang sangat bagus.

Telah banyak wistawan lokal yang berkunjung ke tempat ini, terutama para fotografer dan modelnya yang menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit untuk melakukan pemotretan. Bahkan ada yang menggunakannya untuk tempat foto prewed, dikarenakan pemandangan yang mengagumkan.

Untuk saat ini, masih belum diberlakukan tarif parkir atau karcis masuk ke Bukit Pelalangan ini. Semoga saja tempat ini dikelola dengan baik oleh penduduk sekitar. Selain itu sokongan modal dari pemerintah setempat untuk perawatan dan pemeliharaan sangat diharapkan. Nantinya akan sangat bermanfaat kepada penduduk sekitar dan juga pengunjung yang datang.

Kami sarankan, bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini usahakan menggunakan sepeda motor, karena hanya sepeda motor yang bisa menyusuri tiap sudut tempat yang ada di dalam Bukit Pelalangan. Apabila menggunakan mobil, sebaiknya parkir di Pasarean Aer Mata Ebu saja, hal ini dikarenakan akses menuju ke Bukit Pelalangan jalannya lumayan sempit (lebarnya hanya dua meter).

sudut indah di bukit pelalangan bangkalan madura

Sudut Indah

sudut prewed bukit pelalangan bangkalan madura

Lokasi Prewed

jalan bukit pelalangan arosbaya bangkalan

Jalan Berdinding

jalan setapak di bukit pelalangan bangkalan madura

Jalan Setapak

hutan alami di bukit pelalangan bangkalan madura

Hutan Alami

Apabila ingin menikmati pemandangan sekitar, mending motor parkir di pintu masuk Bukit agar bisa foto-foto dan puas melihat pemandangan. Jangan lupa juga untuk membawa bekal (makanan ringan dan minuman) kalau ingin berlama-lama di sana agar tidak kelaparan dan dehidrasi, karena tidak ada yang berjualan.

Anda juga harus berhati-hati, karena sebagian jalannya licin dan juga naik turun. Usahakan apabila ingin berkunjung ke tempat ini dalam keadaan cuaca cerah, karena langitnya akan terlihat lebih biru dan bagus daripada ketika mendung. Bagaimana anda berminat untuk mengunjungi Bukit Pelalangan ini? Silahkan berwisata di Pulau kami tercinta PULAU MADURA!

Penulis: Slamet Imam
Foto Oleh: Slamet Imam dan Eko Wahyu

Author: 

Seorang mahasiswa yang suka desain memakai Gimp dan Inkscape

Related Posts

3 Responses

  1. Falkhi18/12/2016 at 06:46Reply

    Tempatnya eksotis banget… bisa masuk daftar kunjungan nih kalau ke Madura

  2. Nenny30/07/2016 at 19:08Reply

    Kereeen banget Madura ku

  3. Bang Nayar23/04/2015 at 10:22Reply

    wah manteb ternyata banyak di madura tempat yg indah.

Leave a Reply