“Blogging For Money” Bersama Pak Medhy

 Event

Foto bersama Pak Medhy di akhir acara

Tanggal 5 Mei 2012 Komunitas Blogger Plat-M melakukan sharing dengan Pak Medhy Aginta Hidayat, seorang blogger sekaligus dosen yang sudah membuat 2 buku tentang blogging for money. Beliau adalah dosen FISIB di UTM. Akhir juli nanti beliau akan berangkat ke United State of America (USA) untuk melanjutkan S3 setelah mendapatkan beasiswa fulbright. Silahkan kunjungi blognya di http://blogguebo.com.

Barangkali kita setuju sekali dengan pernyataan “Content is the King” tetapi belajar bagaimana cara mendapatkan uang dengan aktivitas blogging merupakan hal yang fantastik, bukan?

Salah satu yang membuat blog kita bisa menghasilkan uang yaitu dengan cara PPC adalah Pay Per Click. Pemilik blog akan dibayar setelah pengunjung mengklik iklan yang ditampilkan. Tapi syarat PPC adalah jumlah pengunjung blog harus banyak.  Kita harus “Make money online”  yaitu semacam membuat keyword yang paling banyak dicari orang di google.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Seorang alumni ITS, yang beralamat di http://itgossips.com yang memiliki penghasilan ± US $ 1000 per bulan. Orang itu, untuk awalnya memang penuh dengan kesabaran untuk mendapatkan hal tersebut. Dia tekun dan ulet walaupun banyak kendala. Untuk memperoleh itu bukanlah hal mudah melainkan butuh banyak keberanian dan kesabaran. Bedanya orang sukses dengan yang lain adalah pada saat jatuh-bangun. Yang tidak menyerah untuk terus berjuang itulah yang akan berhasil. Hal serupa juga dilakukan oleh pemiliki http://itgossips.com

Dunia blogging merupakan sesuatu yang bisa diandalkan mendapatkan uang. Namun tidak sedikit dari para blogger yang menjadikan itu hanya sebagai kesenangan semata yaitu sarana untuk menceritakan pengalaman sehari-hari atau media berbagi lewat blog. Padahal koneksi internet sangat disayangkan sekali kalau hanya dibuat untuk iseng –iseng maupun bersenang ria semata seperti halnya aktivitas facebook.

https://lh4.googleusercontent.com/-IwB7bj-w46c/T6TXLF4-b4I/AAAAAAAAHPQ/dsPvmxT1RVQ/s579/IMG_3895.JPG

Sharing bersama Pak Medhy

Sebagaimana diceritakan bahwa blogguebu.com awalnya adalah blog untuk iseng-iseng semata. Blog itu hanya digunakan hanya untuk menuliskan catatan sehari-hari. Namun akhirnya ada suatu pihak yang menyarankan agar blog itu digunakan sebagai sarana berbagi tips yang menfokuskan kepada tulisan-tulisan mengenai blogging for money.

Menuliskan pengalaman dengan topik bermacam-macam itu susah di monetize-kan. harus ada topik tertentu blogging for money.Di samping kita juga harus pandai berbahasa inggris dan pandai menggunakan bahasa inggris. Karena Blog berbahasa inggris lebih besar peluangnya daripada blog berbahasaIndonesia.

Agar blog itu bisa menjadi blogging for money maka diperlukan Fokus pada topik tertentu yaitu konten yang lebih banyak menuliskan apa yang disukai dan dicari oleh pembaca. Karena banyak orang yang mencari informasi biasanya menggunakan Seach engine yang merupakan unsur yang sangat penting untuk blogging for money. Di samping itu, diperlukan juga teknik SEO untuk optimasi blog yang akan dibuat untuk mudah dicari digoogle.

Beberapa situs yang bisa digunakan blogging for money di antaranya adalah http://kumpulblogger.com/ di samping itu kita juga harus menggunakan teknis yang cerdas agar blog itu tidak kentara sebagai blog suatu iklan. Tidak semua user tahu bahwa banner di blog kita itu adalah iklan. Maka manfaatkanlah Google Adsense masih merupakan “lahan” untuk mencari uang dari internet

Adabeberapa tip agar blog kita bisa menghasilkan uang salah satunya adalah

[1] Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing

Contoh program affiliasi: http://www.blogguebo.com/2012/04/goblog-wordpress-premium-theme-kupon.html #blog4money

[2] Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik

Affiliasi Domestik beberapa diantaranya adalah http://lapakplus.com sebagai sarana untuk promosi blog, jualan, dan jangan terlalu sering blog kita ditambahkan iklan karena bisa dianggap spammer dan membuat orang bosan.  Serta manfaatkan kemampuan membuat banner iklan, terutama sebagai template karena itu bisa dimanfaatkan untuk mencari uang di dunia online. Hati-hati menggunakan Menjual Text Link Ads karena bisa di banned

[3] Di samping itu, kita juga harus paham tentang  algoritma Google yang baru? algoritma Penguin. penting nih untuk blogging for money serta menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain.

Kalau mau bikin blog untuk menghasilkan uang maka harus bikin blog lebih banyak dengan topic-topik tertentu. bedakan dengan blog personal anda. Kita harus tetap istiqomah untuk menuliskan topik yang spesifik. ingat! tidak ada mencari uang yang instan. semua perlu proses

jika masih bingung bagaimana memulai blogging for money baca http://www.blogguebo.com/2012/02/for-beginners-6-langkah-teruji_08.html terutama for beginners. Lakukanlah backlink karena semakin banyak backlink ke blog kita, semakin bagus untuk optimasi SEO.

Teknik SEO banyak kaitannya untuk meningkatkan trafik pengunjung kita. Sebelum menulis usahkan sudah ada keyword di kepala kita. untuk meningkatkan SEO blog kita. Usahakan dalam setiap artikel sudah ada keyword tadi. Terutama di bagian awal dan akhir.

Setelah optimasi INPAGE kita lakukan optimasi OFFPAGE salah satunya dengan kontes untuk meningkatkan backlink kita. Barangkali kita pernah mendengarkan “dummy blog”? itu adalah blog “penyusup” untuk meningkatkan backlink. tapi harus hati-hati untuk menggunakannya. Deep linking adalah salah satu teknik backlink yang baik. Link exchange juga salah satu teknik meningkatkan backlink tapi sekarang ngga terlalu popular.

 

 

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.