Blogger Tuban Festival 2012

 Event

Masih ingatkah dengan komunitas blogger yang dideklarasikan di acara Blogger Nusantara 2011? Ya komunitas itu adalah komunitas blogger Tuban. Sabtu (3/3) komunitas ini mengadakan acara untuk pertamakalinya yaitu blogger tuban festival 2012. Acara yang diadakan di gedung Dikpora Tuban ini dihadiri sekitar 60 siswa beserta guru dari kalangan SMP dan SMA se-Tuban. Sebelum acara ini juga dilaksanakan festival lomba blog dengan tema wisata Tuban. Lomba blog ini cukup unik dan lain dari lomba-lomba blog biasanya yang lebih banyak mengadu SEO dan tulisan/artikel, tapi lomba blog yang diselenggarakan blogger Tuban bekerjasama dengan yayasan KIMI ini adalah benar-benar lomba blog. Tidak hanya artikel, tapi blog beserta isinya yang dinilai. Syarat utama dalam lomba blog ini adalah satu blog harus berisi minimal lima kategori dengan masing-masing kategori harus ada minimal tiga postingan/artikel tentunya dengan tema wisata.

Sebuah upaya pengangkatan wisata daerah yang luar biasa. Acara dengan pembicara Novianto Puji Raharjo, S.Kom yang berbicara tentang pentingnya sosial media untuk masyarakat. “jangan takut apabila anak-anak bimbingan anda bermain internet, tetaplah didukung dan tentunya dipantau” ujar blogger yang berasal dari Surabaya ini mengingatkan kepada guru-guru yang hadir.

Terobosan baru dalam dunia blogger juga diambil oleh komunitas yang berlambangkan ‘jheren’ -kuda- ini. mereka akan mendirikan Tuban Blogger School sebuah lembaga pendidikan luar sekolah yang mengajari masyarakat Tuban dalam dunia blogging dan sosial media. Mungkin adalah sekolah blogger pertama di Indonesia. Terobosan ini juga sudah didukung oleh diknas setempat, bahkan diknas Tuban menawarkan tempat jika memang komunitas blogger Tuban belum mendapatkan tempat yang layak untuk menjalankan Tuban Bloger School ini. Hal yang harus dicontoh semua komunitas blogger di Indonesia.

Di akhir acara, Plat-M diberi kehormatan untuk menentukan pemenang 1,2 dan 3 dalam lomba blog bertemakan wisata Tuban ini. dari 25 peserta oleh Novianto ‘blogger kelas berat’ diseleksi menjadi 10 besar yang kemudian diserahkan ke Klebun Plat-M untuk dipilih juara 1,2 dan 3nya. Agak unik dan jarang dilakukan yaitu penilaian langsung di tempat acara di depan semua peserta yang menunggu hadiah dengan total 2.750.000 ini.

Acara awal yang luar biasa, semoga semua komunitas tidak hanya di Tuban, tetapi semua komunitas blogger di berbagai daerah di Indonesia bisa memberikan dampak positif bagi warga sekitar dimana komunitas itu bernaung. Semoga! Tetaplah semangat nge-Blog kawan! Mari bersama Menduniakan daerah kita masing-masing.

 

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.