#BisnisMaduraGoOnline Edisi Sampang

 Berita, Event, Madura, Pengumuman, Sampang, Sosial

BISNIS ONLINE DAN DEKLARASI RT SAMPANG

Hari itu, langit cerah dan suasana tenang ketika berangkat ke Sampang. Tetapi, setelah habis pelatihan hujan turun sewaktu teman-teman mau pulang ke Bangkalan. Hari minggu (02/12/2012), tim Plat-M harus melakukan program bisnis go online. Dan program ini adalah kerja sama antara komunitas Plat-M dan Google untuk memberikan pelatihan pembuatan website kepada masyarakat yang memiliki bisnis agar dibuatkan website usaha mereka sehingga dengan adanya website itu produk mereka bisa lebih berkembang. Memperkaya produk Madura di dunia online. Serta menyebarkan melalui sosial media berupa facebook atau twitter. Dan ini sangat penting agar masyarakat Madura  berbisnis lebih professional dan membuka diri akan perubahan yang terjadi.

Dan waktu itu, kami berangkat bersama-sama, ada mas Wahyu dan saya sendiri serta lima orang anggota Plat-M yang baru, mas Itsnain menyusul datang. Syukurlah, kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik. Kegiatan ini berlangsung di Menara Fried Chicken Café (MFC) dan Resto Sampang, di jalan Jamaluddin no.2 (depan Pemkab Pamekasan). Ada sekitar 20-25 peserta.  Materi pada kesempatan ini, yaitu sharing-sharing tentang Internet dan perannya untuk bisnis serta membuat website dan membuat katalog produk. Sedangkan sesi terakhir yaitu mengelola website, promosi menggunakan sosial media dilanjutkan dengan pengkatan RT Sampang serta foto-foto bersama dan penutup.

Acara diawali dengan pemaparan Technopreneurship and Social Media dari Wahyu Alam, sesi ini adalah sesi awal untuk introducing dan pemanasan. Sesi ini cukup menarik perhatian peserta yang hadir. Terbukti beberapa peserta bertanya pada sesi ini. Mas Wahyu Alam sangat antusias menjawab pertanyaan demi pertanyaan.

Selesai sesi pengenalan Technopreneurship dan Social Media, dilanjutkan dengan sesi pendaftaran website UKM di Sampang ke www.bisnisgoonline.co.id yang dipandu oleh Mas Sudi (@yangkutahu). Mas Sudi memaparkan tentang bagaimana cara pendaftaran yang hanya membutuhkan akun Gmail itu. Sesi mas Sudi tidak terlalu lama, waktu terpotong dengan ISHOMA.

Pada saat ishoma selesai, dan peserta telah berkumpul di ruangan. Untuk mengikuti sesi berikutnya terlebih dahulu diadakan kuiz berhadiah stiker dan buku tentang internet sehat. Pertanyaan yang diberikan sangat simple agar peserta tidak dibuat pusing, dipandu oleh saya sendiri, yang juga turut menemani. Peserta mendapatkan pertanyaan berupa, “ siapa nama yang memberi sambutan dan jadi pemateri, serta tanggal berapa plat-m berdiri. Beberapa peserta mengkat tangan meskipun jawabannya salah. Maka, hadiah tidak jadi diberikan. Biar pertanyaan berbeda, pemandu acara me-request kepada mas Itsnain selaku senior untuk memberi pertanyaan. Dan dia memberikan pertanyaan berupa berkaitan dengan impian peserta ketika sudah memiliki website bisnis lalu bagaimana untuk mengembangkannya. Seorang peserta langsung mengangkat tangan, “sambil mengutarakan niat dan programnya ketika sudah punya website serta cara yang harus dilakukan”, kata kunci dari jawaban itu adalah promosi, usaha dan komitmen. Para peserta yang lain pun memberikan applause mereka di ruangan MFC ini.

Dan di akhir acara sebelum kita berbagi informasi dan foto-foto buat kenangan. Juga diadakan deklarasi RT Sampang. Mas Gunawan terpilih untuk menjadi coordinator RT Sampang.  Sehingga lengkaplah Tiga RT sudah berdiri. RT Bangkalan, RT Sampang dan RT Pamekasan. Tinggal RT sumenep yang belum dideklarasikan. Semoga bisa segera dideklarasikan setelahnya.

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi

Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

2 Responses

  1. Aldy Glyceryl D'javu07/12/2012 at 18:10Reply

    untuk pelatihan yang di pamekasan kapan ya?

  2. peggy ariyanto04/12/2012 at 07:12Reply

    smoga ma’ ebun dan pak rt spg yg baru senantiasa bisa share ilmu bg warga rt sampang. moga pula tdk hangat2 tai ayam. plat-m lakaran “mokong” taiye. bravo, salam.

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.