Bisnis Madura Go Online edisi Bangkalan

 Bangkalan, Berita, Event

#BisnisMaduraGoOnline edisi Bangkalan terlaksana dalam dua sesi, edisi Sabtu 29 Desember dan Minggu 30 Desember. Bisnis Madura Go Online merupakan kegiatan workshop yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat Bangkalan (29/12) untuk memanfaatkan internet sebagai sarana untuk berbisnis yang bisa dipromosikan melalui sebuah website dan sosial media.

Kegiatan Workshop ini di dukung oleh Dinas UKM kabupaten Bangkalan dan Telkom Bangkalan.

Pelatihan ini dilaksanakan di ruangan Broadband Learning Center (BLC) Telkom Bangkalan, sedangkan peserta sudah memenuhi ruangan sekitar beberapa menit lebih awal sebelum acara dimulai. Hal ini membuktikan, para peserta sangat antusias terhadap program workshop ini. Peserta workshop sebagian besar merupakan pelaku usaha batik, kuliner, aksesoris yang berada di sekitar daerah Bangkalan.

Edisi Sabtu 29 Desember berjalan sukses. Peserta memenuhi ruangan sampai ? sampai panitia ada yang tidak kebagian tempat duduk. Peserta kebanyakan dari kalangan mahasiswa kampus UTM yang sebagian besar merintis usahanya dari nol. Peran internet juga sudah banyak membantu perkembangan usaha-usaha dalam hal pendistribusian barang. Melalui internet biaya produksi bisa di minimalisir, sehingga banyak usaha ? usaha yang bertaburan di dunia maya (internet). Lewat Pelatihan Bisnis Go Online ini, mereka berkomitmen untuk menyebarkan produk ? produk yang ada di madura via online.

Acara Pelatihan Bisnis Madura Go Online dibuka oleh pengantar dari Mas Itsnain Maulana. Peserta antusias menyimak sebuah pandangan awal tentang peran internet dalam banyak hal terutama yang marak dimanfaatkan dalam dunia bisnis dan marketing.

Acara pembuatan website langsung dipandu oleh Shohib sebagai Trainer utama dalam pelatihan Bisnis Madura Go Online edisi (29/12) di Telkom Bangkalan. Saat pembuatan website di mulai, beberapa peserta ada yang belum memiliki akun gmail, tetapi panitia sudah mengantisipasi peristiwa ini dengan membuatkan akun gmail. Akun gmail selesei, setelah itu memasuki tahap perancangan website. Tahap perancangan berakhir pada jam 12.00 tepat bertepatan dengan waktu break untuk sholat dan makan siang. Panitia membagikan makan siang pada seluruh peserta workshop.

Sesi berikutnya berlanjut jam 13.00, sesi ini membahas tentang design website dan pengaturan ordering. Dikarenakan peserta workshop berjumlah banyak, dalam sesi ini mas Shohib dibantu oleh beberapa panitia untuk membimbing para peserta.

Di akhir sesi ini mas Itsnain Maulana dan mbak Thoyik sambil memberikan quiz seputar kegiatan #BisnisMaduraGoOnline yang berlangsung di empat kabupaten di seluruh Madura. Sesi quiz berlangsung sangat bersahabat dengan para peserta workshop. Canda tawa antara panitia dan para peserta mengakrabkan suasana di BLC Telkom Bangkalan.

Para peserta workshop #BisnisMaduraGoOnline edisi (29/12/12) di Telkom Bangkalan keluar dengan berbekal domain dan hosting gratis dari #BisnisMaduraGoOnline. Semoga Workshop #BisnisMaduraGoOnline bermanfaat untuk para pengusaha- pengusaha mikro di Madura dan di Bangkalan pada khususnya.

Bisnis Madura Go Online edisi Bangkalan (30/12/12)

?Acara workshop Bisnis Madura Go Online (30/12) dibuka oleh mas Itsnain Maulana. Kalau edisi (29/12) para pesertanya kebanyakan temen ? temen enterpreneur kampus UTM, untuk yang edisi (30/12) kebanyakan enterpreneur -? enterpreneur daerah bangkalan yang ingin mengonlinekan usaha ? usahanya. Untuk edisi (30/12) kami sebut acara? Bisnis Madura Go Online terramai dan tersukses dikarenakan peserta membludak memenuhi ruangan sampai -sampai kursi satpam dikerahkan untuk mengantisipasi membludaknya peserta.

?Dalam sesi pembukaan kali ini Mas Itsnain menjelaskan panjang lebar mengenai manfaat internet untuk bisnis dan marketing, serta keuntungan dalam bisnis online. Sempat juga terjadi tanya jawab antara Mas Itsnain dan beberapa peserta mengenai keamanan dalam transaksi bisnis online.

Kemudian Mas Itsnain menjelaskan kelebihan ? kelebihan dari segi keamanan yang telah disediakan oleh Google sebagai penyedia layanan dan Melsa sebagai penyedia hosting.

Pesan dari Mas Itsnain untuk para peserta workshop: Google akan membawa anda menuju kesuksesan bagi bisnis anda, manfaatkan layanan dari Google dengan baik. Disela ? sela Mas Itsnain membagikan 2 buah kaos BisnisMaduraGoOnline untuk 1 peserta cowok dan 1 peserta cewek.

Bisnis Madura Go Online memasuki tahap pembuatan website yang langsung di pandu oleh Mas Sudiyanto yang akrab dipanggil ?Yang Kutahu? dalam dunia maya dan beberapa panitia untuk mentrainer para peserta workshop dikarenakan peserta yang membludak.

Pada edisi (30/12) untuk beberapa peserta workshop yang belum memiliki akun gmail juga sudah diantisipasi oleh panitia dengan membuatkan akun gmail untuk para peserta.?Perancangan website dimulai, Bang ?Yang Kutahu? memandu para peserta workshop untuk membuat website para peserta masing ? masing.

Kembali ke peserta, dari membludaknya peserta, Bang Sudi dibantu oleh beberapa panitia untuk mentrainer peserta satu ? satu. Proses perancangan website dan konfigurasi domain berlangsung dengan dipandu oleh Bang Sudi. ?Di akhir sesi ini, sedikit pengenalan profil Plat-M oleh Mas Itsnain dilanjutkan dengan sesi kuis yang dipandu oleh Mas Wasil dan Mas Fendi. Dalam sesi ini membagi beberapa kaos Bisnis Go Online dan beberapa buku manual dari BMGO.

Akhirnya, #BisnisMaduraGoOnline edisi bangkalan (30/12) di akhiri sesi foto-foto panitia dan peserta workshop. Semoga workshop ini bermanfaat untuk para pengusaha mikro yang sudah dengan antusias mengikuti Workshop Bisnis Madura Go Online.

Related Posts

2 Responses

  1. namora hikari nasution12/01/2013 at 16:05Reply

    Kerrong kaddok ,, abid ta’ mole ka Meddhureh 🙁

  2. wind sarifa12/01/2013 at 14:23Reply

    satu kata, *kereen* nak kanak plat-m 😀

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.