Pengenalan Media Sosial di Asrama UTM

 Bangkalan, Berita, Pengumuman

Asrama –  Pengenalan sosial media dan internet sehat harus diperkenalkan kepada masyarakat, hal ini untuk mengantisipasi anggapan miring bahwa internet itu buruk. Untuk itu, komunitas blogger plat-m mengadakan sharing-sharing seputar sosial media dan juga internet sehat di asrama mahasiswa UTM yang rata-rata ditempati mahasiswa bidik misi Universitas Trunojoyo Madura. (22/11/12).

Pengenalan internet dan sosial media adalah salah satu upaya agar masyarakat khususnya mahasiswa melek internet sebagai sarana untuk melihat dunia luar, serta kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dunia maju. Negeri Indonesia sebagai negara berkembang bisa dikatakan adalah negara yang rata-rata penduduknya adalah penggunaan terbesar internet, bahkan menempati ranking 2 di antara negara-negara lain.

Tetapi tidak sedikit dari mereka yang tidak mengenal manfaat internet terutama jejaring sosial yang saat ini diminati banyak kalangan masyarakat dari berbagai kelompok, sekte dan juga strata sosial lainnya.

Untuk itu, Plat-M sebagai komunitas blogger Madura berupaya agar masyarakat Madura yang dimulai dari generasi mudanya bisa memanfaatkan sosial media untuk hal-hal positif semacam mencari link untuk berbisnis dan memanfaatkan mencari teman untuk tujuan-tujuan positif.

Hal menarik dari pelatihan di asrama mahasiswa ini adalah beberapa pertanyaan mahasiswa yang bertanya mengenai bagaimana cara membuat blog untuk mendapatkan uang dan cara agar tampilan blog kita itu menarik. Dan pemateri yang sudah tidak asing lagi dengan dunia blog tersebut akhirnya juga bisa untuk menjawab sesuai dengan pengalaman mereka menekuni dunia blogging.

Acara juga dilanjutkan dengan pengenalan seputar sejarah berdirinya plat-m dan juga kegiatan yang telah dilakukan serta langkah yang akan dilakukan untuk tahun-tahun berikutnya. Acara ini berakhir pada jam 90.30 dengan foto-foto bersama, antara pemateri dan peserta.

Seminggu selanjutnya, juga dilangsungkan acara yang sama di Asrama bagian putri. Kali ini lebih banyak pesertanya. dan Asrama putri lebih ramai, mereka lebih aktif bertanya. Meski lebih banyak bertanya tentang Facebook dan pengamanannya, juga beberapa bertanya tentang blog, kami sangat senang sharing informasi kepada mereka. Semoga sharing ini bisa bermanfaat, dan memberikan gambaran awal tentang dunia social media dan internet di Indonesia.

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.