Lagi, Bangkalan Jawara Karapan Sapi Piala Presiden RI 2014

 Berita, Budaya, Madura

sonarmuda_karapansapi

Pamekasan, hajatan terbesar di Madura saat berlangsungnya Puncak dalam rangkaian festival karapan sapi setiap tahunnya, hal ini serupa dengan kecintaan masyarakat Madura terhadap budayanya, ini cerminan Indonesia sebagai Negara yang mempunyai keragaman budaya nusantara.

Mulai tanggal 18 – 20 Oktober 2014, dimulai dari rangkaian bertajuk semalam di Madura, menampilkan kesenian khas Madura dan acara puncak adalah lomba karapan sapi, yang berlaga untuk memperebutkan Piala bergilir Piala Presiden RI untuk tahun 2014 ini.

Masing masing kontestan sama- sama berambisi menjadi yang terbaik, buktinya menerjunkan pasangan sapi terbaik dalam lomba tersebut berasal dari 4 Kabupaten Bangkalan,Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Perwakilan kontingen dari masing – masing Kabupaten bisa berlaga di kerap gubeng (Sebutan untuk lomba besar karapan sapi Piala presiden)

Sebanyak 24 Kontentan perwakilan dari 4 Kabupaten ini dipilih utk memperebutkan 6 Juara, terdiri 3 Juara bag. menang, 3 Juara bag. Kalah. Sapi yang kalah pada babak pertama diadu lagi dengan sapi yang kalah pada babak berikutnya. Sementara, sapi yang menang pada babak pertama, juga dipertemukan lagi dengan sapi yang menang pada babak selanjutnya.

Setelah menjalani perlombaan dua tahap. sapi kerap dari kelompok yang menang dan kalah masuk tiga besar akan dipilih menjadi juara satu, juara dua, dan juara tiga. Selanjutnya, perlombaan kerapan sapi bergengsi ini yang memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia (RI).

penyerahan_hadiah

Gelora di lapangan kerap berlangsung, adu kemampuan sapi, adu pamor pemiliknya, ini adalah hajatan orang Madura setiap tahun, sapi sapi yang berlaga pada karapan sapi gubeng ini adalah sapi terbaik min harganya adalah 300juta. Bahkan ada yang hampir mencapai 1 M. Patut di banggakan bawasannya peraih Piala Presiden RI 2014 diraih oleh Jawara sapi asal Kabupaten Bangkalan “Sonar Muda”, sudah 2 Tahun terahir diraih Bangkalan terus. Berikut Jawara kemarin piala Presiden RI 2014.

Bagian Atas (Menang)

  1. Sonar Muda Pemilik H. Samsudin (Bangkalan) –> Peraih Piala Presiden Republik Indonesia (RI) 2014
  2. Siliwangi Pemilih R.H Tohir (Pamekasan)
  3. Roket Terbang Pemilik H.Mudakir (Sumenep)

Bagian Bawah (Kalah)

  1. Cabe rawit Pemilik Pemilik Mat Sahit (Sampang)
  2. Bintang Madu Pemilik Ahmad Budianto (Pamekasan)
  3. Salbut pemilik Pemilik Kades groom (Pemekasan)

Setelah berlangsung kejuaraan #karapansapi2014 Piala Presiden Republik Indonesia (RI) memperoleh 1 atas bagian menang, 1 Unit Mobil dan piala bergilir berlapis emas 24 karat, nilai piala ini ditaksir 250 juta ini ungkap Bakorwil V. seusai memberikan hadian kepada pemenang.

Semoga budaya Madura bisa terus lestari, jika bukan kita siapa lagi! Mari bersama Duniakan Madura.

Reportase PLAT-M kilas bisa dilihat via twitter dengan hestek #karapansapi2014

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.