Ayo Berwisata ke Sampang!

 Sampang, Wisata

Kabupaten Sampang terletak 100 Km dari Surabaya, dapat dengan melalui Jembatan Suramadu kira-kira 1,5 jam atau dengan perjalanan laut kurang lebih 45 menit dilanjutkan dengan perjalanan darat 2 jam. Secara keseluruhan Kabupaten Sampang mempunyai luas wilayah sebanyak 1.233,30 Km2. Proporsi luasan 14 kecamatan terdiri dari 6 kelurahan dan 180 Desa. Kecamatan Banyuates dengan luas 141,03 Km2 atau 11,44% yang merupakan Kecamatan terluas, sedangkan Kecamatan terkecil adalah Pangarengan dengan luas hanya 42,7 Km.

Sampang adalah satu dari empat kabupaten yang ada di Madura. Letaknya terletak ada di sebelah timur Bangkalan dan berada di baratnya Pamekasan.

Sampang itu punya 14 kecamatan dan punya banyak potensi. Jika pemerintah mau mengelolanya. Di bagian utara ada kecamatan Banyuates, Ketapang dan Sokobanah. Sedangkan Sampang bagian selatan ada kecamatan Sreseh, Pangarengan, dan Camplong. Wisata Sampang beragam. Mulai dari pantai, susur goa, waduk, kebun, pemandian hingga pengolahan garam lokal.

https://pbs.twimg.com/media/BfbQw_FCIAAXhDj.jpg

Wisata Pantai Nepa, Sampang --  Foto: Yulianto

Wisata Pantai Nepa, Sampang — Foto: Yulianto

Kecamatan Banyuates memiliki wisata yg sudah dikenal oleh masyarakat Madura. Adalah wisata pantai utara Nepa. Banyuates juga mempunyai perkebunan Semangka, waduk Nipah, dan wisata hutan Nepa. Semuanya ada di bagian utara Sampang. Kalian pasti ngga percaya kalau di Sampang itu ada air terjun. Air terjun toroan namanya. Terletak di perbatasan desa Ketapang Daya dan Timur.

Embedded image permalink

Di Kecamatan Kedungdung, ada waduk yg cukup besar. Waduk Klampis namanya. Selain Waduk, Sampang juga punya banyak kali besar hingga kali kecil seperti Kali Baliga di sepanjang kecamatan Sreseh, Kali Majangan, Kali Sampang, Kali Sumber Banger, Mandira, Sodung, Sawean, hingga kali Camplong. Menarik kan jika kita berwisata ke kali-kali ini. Sekadar menghidup udara segar di sekitarnya.

Embedded image permalinkDi kecamatan Sokobanah ada dua gua berjejer. Gua macan dan gua kelelawar.

http://www.sampangkab.go.id/assets/kcfinder/upload/images/goa%20lebar2.jpg

Gua Lebar — Foto: sampangkab.go.id

http://farm9.staticflickr.com/8193/8108531870_4edd9ed89d_h.jpg

Gua Lebar — Foto: Google

Ke selatan Sampang ada banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Di sekitar kota ada namanya Gua Lebar. Gua ini terletak di timur alun-alun Sampang. Tidak jauh dari itu, ke arah selatan di desa Rongtengah, ada tempat kelahiran pahlawan dari Madura yang terkenal yaitu Pangeran Trunojoyo. Masih di kawasan kota Sampang, tepatnya di desa Karangdalem ada makam pengeran Santo Merto. Sedangkan situs Ratu Ebu Madegan ada di desa Polagan. Ada banyak wisata sejarah di area kota Sampang.

Sedangkan di desa Taddan ada pemandian sumber Oto’, setelahnya kita akan ketemu dengan pantai Camplong. Pantai yang terletak di selatan pulau Madura ini sudah dilengkapi dengan hotel yang bernama yang sama; hotel Camplong.? Sebelum masuk wisata pantai Camplong, kita akan menjumpai kawasan penghasil ikan laut yang terletak di pinggir pantai, fresh from the oven.

Sampang juga kaya akan kawasan perkebunan dan pertanian. Perkebunan Tembakau setidaknya terdapat di beberapa desa di Sampang seperti di Jelgung, Sokobanah Tengah, Penangoloh, Kamoning, Jerukporot, dan Ragung. Sedangkan perkebunan Semangka juga terdapat di kecamatan Banyuates. Sampang juga banyak menghasilkan padi seperti di desa Taman dan desa Barunggagah.

Sampang tidak hanya tentang kawasan konflik, tapi Sampang juga menyimpan sejuta potensi menarik di dalamnya. Bagaimana tertarik? Ayo berwisata ke Sampang!

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

2 Responses

  1. Berri Anam

    Berri Anam08/03/2015 at 16:38Reply

    ijin repost bun.

  2. wawan setiawan15/12/2014 at 12:17Reply

    Terima Kasih, Mas. sudah membantu pariwisata Madura. Kami berencana jalan-jalan ke Madura tgl 20 & 21 Desember 2014.

    Salam Persahabatan

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.