Aneka Olahan Salak sebagai Oleh-oleh Khas Bangkalan

 Bangkalan, Berita, Kuliner, Madura, Sosial

Pada tau buah salak kan? Buah yang berkulit coklat dengan tekstur berduri itu ternyata menyimpan banyak kelebihan. Selain rasanya yang manis, ternyata salak dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Di Bangkalan tepatnya di Desa Kramat, terdapat sebuah pabrik yang mengolah aneka olahan buah salak.  Pabrik yang di ketuai oleh ibu Saniyah itu sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu. Tidak banyak yang tahu, ternyata pabrik yang dikelilingi dengan hamparan kebun salak di pelosok Bangkalan tersebut telah didatangi para mahasiswa UTM sampai ITB untuk melakukan penelitian ataupun Kerja praktek. Selain itu kemampuan ibu saniyah juga terbukti dengan terpilihnya beliau sebagai salah satu petani sukses Indonesia oleh Presiden SBY.

Pabrik tersebut memproduksi dodol, kurma, kismis, sirup, minuman kemasan gelas dengan bahan baku buah salak asli Desa Kramat Bangkalan. Olahan tersebut sudah sering dipamerkan dalam acara-acara Pemkot  Bangkalan, bahkan terpilih menjadi salah satu makanan atau oleh-oleh khas Kota Bangkalan. Pertama kali merasakan olahan dodol, kurma dan kismis salak, rasanya sangat enak dan rasa buah salaknya tidak hilang. Dijamin deh benar-benar ketagihan *hehe. Untuk sirup dan minuman kemasan gelas rasanya sangat pas, ada unsur sedikit “seppet” dari buah salaknya, dan tentu lebih segar jika diminum dalam keadaan dingin, #Dijamin maksnyusss “kata Pak Bonda”. Nak-kanak bangkalan tentunya sudah tidak asing lagi dengan olahan buah salak ini. Kalau yang belum mencicipi, langsung aja hunting sekaligus untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang makanan atau oleh-oleh khas daerah bangkalan Madura. Ayo dicoba 😀

Author: 

Jatuh cinta dengan dunia Blog m_m

Related Posts

4 Responses

  1. fazza29/04/2012 at 09:45Reply

    mana mana tak cobanya 🙂

  2. Wahyu Alam29/04/2012 at 09:10Reply

    Wih, benar tuh menjadi petani terbaik oleh Presiden SBY?
    #barutahu. dan juga barutahu kalau tempat ini dijadikan tempat KP oleh teman2 dari UTM juga ITB. Wah informasi menarik nih.

    Ditunggu tulisan selanjutnya yah. 🙂

    • Author

      qweenda29/04/2012 at 17:19Reply

      Enggi bun.. ada fotonya kok.. 😀

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.