Tips Blogging Dari Aleka Abdullah

 Berita
Ahmad Fendi berfoto bersama Mbak Aleka

Ahmad Fendi berfoto bersama Mbak Aleka

Teman-teman,

Mbak Aleka Abdullah?adalah?salah seorang blogger dari Nangro Aceh Darussalam yang tahun 2013 ini mendapat anugerah sebagai Srikandi Utama Blogger 2013. Inilah hasil wawancara kami dengan beliau.

Apa alasan anda menghadiri acara ini?

Saya mewakili kumpulan emak blogger kebetulan saya terpilih menjadi Srikandi Utama Blogger 2013. Jadi, saya terpilih menjadi srikandi utamanya dan sebagai bonus saya bisa menghadiri acara ini. itulah alasan utama saya menghadiri acara ini. kemudian nilai plusnya adalah saya memang sangat senang dengan acara-acara seperti ini. kenapa? Karena dengan acara gathering seperti ini, saya bisa bertemu dengan teman-teman yang selama ini interaksinya hanya melalui dunia maya, kita mungkin hanya sapa “Say hello via Facebook, Twitter ataupun berbagai messenger lainnya ataupun hanya blogwalking saja di blog. Acara gathering sebesar ini. Kita punya kesempatan luas untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan semuanya.

Apa motivasi anda ngeblog?

Motivasi saya ngeblog itu saya dari kecil memang senang menulis cuma selama ini, sejak sibuk dengan pekerjaan saya kesempatan menulis berkurang karena harus fokus dengan pekerjaan. Nah, alasan akuratnya lagi dengan blogging kita memiliki media untuk menyalurkan pemikiran, inspirasi, apapunlah, bagi saya menulis itu adalah terapi jiwa.

Apa Tips anda ngeblog atau blog yang baik itu seperti apa?

Blog yang baik menurut saya, menulislah dari hati dan jangan membebani diri untuk selalu membuat postingan yang berbobot tapi tulisan yang sederhana pun kalau ditulis dengan baik dan pemikiran dan mungkin relevan dan mungkin sedang trend. Itu akan jadi inspirasi atau motivasi para pembaca. Jadi menulislah dari hati. Kalaupun kita punya sesuatu untuk diperbaiki tentang situasi atau lingkungan. Kita punya cara yang manis untuk mengulasnya. Jadi jangan menyindir pihak-pihak tertentu tapi sampaikanlah dengan elegan.

Apa pesan yang ingin anda sampaikan buat teman-teman komunitas blogger Plat-M?

Yang ingin saya sampaikan. Ya, terkadang tidak semua orang memiliki keberanian menulis, kenapa? Alasannya karena tidak berani menulis dan takut. Ia mungkin bilang, “Tulisanku tidak berbobot. Aku tak pinter menulis.” Tapi mulailah dulu. Tulislah apa yang terfikirkan nanti kamu dengan latihan dari hari ke hari kamu akan terkejut dengan kualitas tulisanmu yang semakin bagus. Jadi jangan pernah minder untuk mulai menulis atau apapun dan sekarang adalah era digital jadi tidak hanya menulis di buku saja, just move to the gital book gitu … !

Apa kira-kira pesan anda buat komunitas blogger di seluruh Indonesia?

Saya akan mengulang dan mengulang lagi. Menulislah dari hati ke hati dari apa yang kamu tulis menginspirasi semua orang dan jangan merasa minder dengan tulisan kita karena setiap orang punya ciri khas tersendiri dan jangan pernah meniru orang lain. jadilah diri sendiri, miliki karakter sehingga orang akan mengunjungi blog walaupun tulisan kita berada di blog orang lain. orang akan bisa menebak, oh … ini pasti Aleka yang nulis. Saya lebih suka menjadi diri sendiri.

Demikianlah hasil wawancara kami dengan Mbak Aleka Abdullah, semoga bermanfaat … !

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.