Ada Plat-M di Pelatihan Pariwisata BPWS

 Event, Sampang

plat-m pelatihan di sampang

Jum’at(27/06), beberapa anggota Plat-M diantaranya, Raden, Dendy, Eko, Vicky, dan Erna berangkat menuju hotel PKPRI Trunojoyo Sampang untuk mengikuti pelatihan pariwisata bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Madura Kabupaten Bangkalan” yang diadakan oleh BPWS, Badan Pengembangan Wilayah Suramadu.

Agenda pertama acara tersebut adalah sambutan dari kepala BPWS yang diwakilkan oleh wakil kepala BPWS, bapak Drs. Herman Hidayat, SH, MM. Sambutan ini sekaligus menjadi pembuka untuk acara pelatihan ini. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan materi pertama. 

Materi pertama adalah materi dari bapak Drs. M. Sjamsul Arif selaku pemerhati sektor pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Bangkalan. Materi pertama ini bertemakan “Pengetahuan Kepariwisataan Daerah dan Pengembangannya”. Di materi ini beliau menjelaskan panjang lebar tentang obyek-obyek pariwisata yang ada di Bangkalan, mulai dari yang terkenal hingga yang masih belum terangkat. Beliau sebagai seorang pemerhati pariwisata sangat menyayangkan banyaknya obyek-obyek pariwisata yang belum dikelola dengan benar dan profesional padahal, beliau meyakini bahwa pariwisata di Bangkalan bisa jauh lebih terkenal dan besar dari obyek pariwsiata lain yang sejenis.

Setelah materi pertama berakhir, para peserta langsung diperbolehkan untuk melakukan check in  di hotel tersebut. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ishoma selama 1 jam. Materi kedua pun dimulai, materi kali ini bertemakan “Teknik Pemanduan Wisata” yang dibawakan oleh ibu T. Anita Soraya Larasati, SS. Beliau adalah praktisi pariwisata profesional yang ada di Jawa Timur. Di dalam materinya beliau banyak menjelaskan tentang apa saja yang dibutuhkan oleh seorang guide, beliau juga banyak bercerita tentang pengalaman-pengalamannya selama menjadi guide. Di akhir materi, setiap peserta diwajibkan untuk mempraktekkan ilmu guide yang telah diberikan.

Selesai sudah materi pada hari itu, materi selanjutnya akan diadakan pada malam hari. Sebelum melanjutkan ke materi ketiga, para peserta diberi jeda untuk istirahat sejenak dan makan malam.

Materi ketiga, materi tentang “Penyusunan Paket Wisata” yang hadir sebagai pemateri pada malam ini adalah bapak Jhonny J. Koorag, SE. Beliau adalah seorang praktisi pariwisata dari Surabaya. Selain sebagai praktisi, beliau juga merupakan pemilik dari Sparta Tour & Travel. Pada materi ini beliau yang merupakan expert langsung memberikan teknik-tekniknya untuk meramu paket wisata kepada peserta, kurang dari 2 jam para peserta telah mampu merancang paket wisatanya sendiri. Materi dan praktek yang panjang membuat sesi ini berlanjut di pagi hari, pada pagi hari ini setiap kelompok peserta harus mempresentasikan hasil rancangan paket wisatanya dihadapan peserta lain.

Setelah puas merancang paket wsiata, peserta diajarkan untuk mempromosikan obyek wisata yang ada melalui blog. Pada materi yang betema “Pembuatan Blog Pariwisata” ini peserta dibimbing oleh ibu Sovia Rosalin, S.kom, M,AB. Beliau adalah seorang praktisi web dan juga akademisi di pendidikan vokasi Universitas Brawijaya. Pada materi ini, beliau lebih banyak melakukan praktik dari pada teori, banyak peserta yang antusias akan hal ini dan terbukti, pada akhir materi sudah banyak peserta yang memilki blog untuk mempromosikan pariwisata di daerahnya.

Pembuatan blog adalah materi terakhir, setelah materi tersebut, acara dilanjutkan dengan pembentukan Forum Pariwisata dimana pada hari itu ditentukan ketuanya adalah Bilal dari Arosbaya. Untuk kedepannya forum ini akan semakin sering bertemu untuk membahas isu-isu pariwisata di Bangkalan.

Setelah pembentukan forum, ada sambutan dari pejabat BPWS sekaligus menandakan bahwa Pelatihan Pariwisata pun selesai, banyak hal yang kami dapat dari sini.  Banyak teman, banyak ilmu, dan banyak pengalaman baru yang kami dapat dari acara ini.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.