13 Wisata Pantai Cantik dan Mempesona di Madura

 Madura, Wisata

Pulau Madura. Sebagai wilayah kepulauan, Madura dikelilingi dengan pantai. Mulai dari utara, barat, selatan dan timur Madura. Tidak banyak yang tahu tentang pantai-pantai cantik dan mempesona tersebar dari ujung Bangkalan, Sampang, Pamekasan hingga Sumenep.

Bangkalan sebenarnya mempunyai beberapa pantai menarik. Kecamatan Tanjung Bumi mempunyai pantai Siring Kemuning. Pantai ini menjorok ke barat, menyaksikan sunset tentu akan menjadi pemandangan yang begitu romantis.

Di bagian selatan Bangkalan, tepatnya di kecamatan Kwanyar terdapat sebuah pantai karang yang diberi nama pantai Rongkang. Pantai ini menyajikan pemandangan jembatan Suramadu dari kejauhan. Menjadi hiburan tersendiri berfoto bersama keluarga dengan latar belakang jembatan Suramadu.

Sampang mempunya pantai Camplong di pesisir selatang. Setiap wisatawan yang akan pergi ke Pamekasan dan Sumenep melewati sisi selatan Madura pasti akan melewati pantai Camplong. Di dalam kompleks pantai, sudah terdapat hotel dengan nama yang sama hotel Camplong akan menjadi tempat singgah sementara untuk berwisata ke pantai ini.

Di utara Sampang, terdapat pantai Nepa. Pantai ini jarang dikunjungi wisatawan karena letaknya yang jauh. Menyimpan keindahan yang alami dan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana sepi pantai, bisa mengunjungi pantai ini.

http://plat-m.com/wp-content/uploads/2012/12/pantai_jumiang.jpg

Sama seperti Bangkalan dan Sampang, Pamekasan tidak memiliki banyak wisata pantai. Mungkin hanya Pantai Jumiang dan pantai Talang Siring yang sering dikunjungi wisatawan. Keduanya memberikan keindahan pantai khas Madura. Sepi dan masih alami.

Sumenep adalah kabupaten paling timur di Madura. Sumenep adalah kabupaten paling banyak mempunyai wisata pantai di Madura. Ada banyak pilihan jika wisatawan berwisata ke Sumenep. Berikut beberapa pantai cantik dan mempesona di Sumenep.

Pantai Saebus di pulau Kangean. Untuk mencapai ke pulau ini harus mengikuti kapal yang hanya beroperasi setiap dua minggu sekali, itupun jika cuaca sangat bagus. Tapi Kangen menyimpan surga yang tersembunyi berupa pantai-pantai cantik.

Pulau Mamburit di Sumenep juga memberikan pemandangan yang luar biasa cantik. Suasananya mengingatkan kita akan pantai-pantai di Lombok.

Beberapa mungkin sudah mengetahui pantai Slopeng. Dengan lambaian daun kelapa yang menjulang tinggi memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Meski sudah terkenal, tapi tidak banyak turis yang datang.

Beda Kangean, beda juga Pulau Sapeken. Pulau ini memiliki pantai dengan batu-batu besar di pinggirnya. Meski bentuknya tidak sama dengan pantai di Belitong, tetapi cukup memberikan kesan tersendiri mengunjungi satu pulau cantik di gugusan kepulauan Sumenep ini.

Jika sudah bosan dengan gili Trawangan yang ramai dengan bule mancanegara. Ingin menikmati gili Trawangan dalam kemasan berbeda, datanglah ke Gili Labak. Pulau kecil ini mempunyai pantai indah yang masih asri. Air lautnya masih biru dan begitu jernih. Cocok untuk melakukan snorkling di tempat ini. Ngga kalah dengan gili Trawangan, kan?

Pantai ini ngga ada bedanya dengan pantai-pantai yang lain di Sumenep. Namun, konon hanya orang-orang kerajaan yang boleh mengunjungi pantai ini. Pantai Badur namanya. Tertarik datang kesini? Ajaklah warga setempat, niscaya bisa masuk ke pantai indah ini.

Terakhir, siapa yang tidak tahu dengan pantai Lombang. Pantai ini sering disamakan dengan pantai Kuta di Bali. Meski tidak seramai di Bali, pantai ini adalah pantai satu-satunya di dunia yang ditumbuhi cemara udang. Terletak di kecamatan Batang-batang, wisatawan bisa menyewa kuda untuk sekadar menikmati sunset di pantai berpasir putih ini.

Itulah 13 wisata pantai cantik dan mempesona di Madura. Tertarik datang mengunjungi?

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

21 Responses

  1. andreas10/08/2017 at 10:19Reply

    wah menarik refrensinya nih, kapan-kapan mau kesana. gili labak kayaknya seru…

  2. Halonetizen27/11/2016 at 22:06Reply

    wah..harus segera diagendakan nih, biar kita bisa explores Madura

  3. Beritana.com17/08/2016 at 13:10Reply

    Madura memang Top

  4. Hidayah Sulistyowati14/04/2016 at 08:33Reply

    Pantainya bagus semua, moga bisa sampai di sana nanti

  5. Sangkala21/03/2016 at 16:03Reply

    Madura oh madura nasibmu tersia sia. Alammu yang indah, budayamu yang tidak kalah dengan bali.. Kenapa dirimu selalu dilecehkan bahkan. Apakah karena masyarakatnya atau karena pemimpinnya yang kurang perduli.

  6. www.wisataku.net27/02/2016 at 10:01Reply

    Madura Keren-keren Pantainya… MAntab..
    Salam Wisata…

  7. kresna01/12/2015 at 10:59Reply

    gili lebak memang tidak kalah saing dengan gili trawangan di pulau lombok..

    • Fendi25/12/2015 at 07:59Reply

      Sudah pernah ke gili trawangan dan snorkling belum, klo menurut aku jauh beda bagai bumi dan langit, Gili labak hanya besar dipromosi ditahun ini padahal trumbu karang jelej hanya satu macam itupun sudah rusak dipromosikan bnyk spot tapi rusak semua. Pada akhirnya perlu dipertanyakan jika dibandingkan dengan gili gili dilombok???!!~

  8. kresna26/11/2015 at 10:32Reply

    apakah harus ditemani masyarakat setempat jika membawa rombongan wisata di badur?.

  9. faredas25/11/2015 at 15:57Reply

    madura memiliki potensi pariwisata yang besar dan bagus tidak kalah dengan daerah lain namun sampai saat ini kurang terexplore oleh masyaratat umum hal itu salah satu penyebabnya adalah peran serta pemerintah setempat yang kurang peduli akan hal tersebut.
    semoga pemerintah setempat lebih peduli lagi terhadap kekayaan alam pulau madura.

  10. kresna21/11/2015 at 09:27Reply

    Ketika mengunjungi pantai Camplong banyak sampah berserakan. Bagus tp syang masyarakat blm mnyadari keindahannya.

  11. andreymahdison14/11/2015 at 07:21Reply

    Tulisannya sangat menarik sekali dan mudah inspiratif, saya juga mempunyai tulisan serupa, klik Disini 😀 😀 Happy Sharing.

  12. dacosta pangaribuan27/07/2015 at 17:00Reply

    Satu kata FANTASTIS

  13. Iren pratama24/06/2015 at 11:42Reply

    Siip.

  14. Berri Anam

    Berri Anam08/03/2015 at 16:41Reply

    sebagian sudah pernah dan sering kali saya kunjungi.
    tapi pengen balik lagi.

  15. PulauMadura.com10/01/2015 at 21:53Reply

    pengen bisa keliling Madura termasuk pulau-pulau kecilnya.. tapi kapan yaa??.

  16. Menikmati Budaya & Keindahan Madura dari Blog Plat M - Mbahjiwo.com 17/12/2014 at 16:01Reply

    […] beberapa tulisan di Blog Plat M yang perlu kamu telisik : Pesona Keindahan Laut, Kangean Madura, 13 Wisata Pantai Cantik dan Mempesona di Madura, Etika Berkendaraan Saat Melewati Rumah Orang Madura, Game Karapan Sapi Hadir di iOS, Keindahan […].

  17. wajiansyah15/12/2014 at 11:50Reply

    bagus-bagus madura.
    Kepengen nyoba ke pantai-pantainya broo…

  18. bhery10/12/2014 at 09:18Reply

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata pantai. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di
    Informasi Seputar Indonesia

  19. Pengalaman Berwisata demi Suramadu | tofaninoff wordálana01/12/2014 at 23:40Reply

    […] jembatan terpanjang di Indonesia ini, akses menuju berbagai obyek wisata di Madura seperti Pantai Saebus di Kangean, atau Vihara Avalokitesvara menjadi makin mudah. Pemerintah pun mulai bersemangat mempromosikan […].

  20. may05/11/2014 at 00:30Reply

    ada ajah yg komentar macem2 kasihankan udah capek2 mereka cari tahu tentang madura malah di hina foto2 nya

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.